Kapolda NTT Pimpin Serah Terima Jabatan Tiga Pejabat dan Pengkuhan Kenaikan Tipe Polresta Kupang Kota

Kapolda NTT Pimpin Serah Terima Jabatan Tiga Pejabat dan Pengkuhan Kenaikan Tipe Polresta Kupang Kota

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H., memimpin upacara serah terima jabatan Dirreskrimum, Kabid Humas dan Kapolresta Kupang Kota Polda NTT serta Pengkuhan Kenaikan Tipe Polresta Kupang Kota, Kamis (28/4/2022) pagi.

Kegiatan yang digelar di Rupatama Mapolda NTT ini juga dihadir oleh Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Zulkifli, S.S.T., M.K., S.H., M.M., para pejabat utama Polda NTT, Kapolres jajaran dan para para pejabat Polres yang mengikutinya melalui Daring dari kesatuan masing-masing.

Tampak hadir juga Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Henny Setyobudi, Ny. Youke Kliment Dwikorjanto, dan pengurus Bhayangkari Daerah NTT serta Pengurus YKB Daerah NTT.

Serah terima jabatan adalah dinamika yang biasa di institusi Polri, sebagai bagian dari proses pembinaan karier yang berkesinambungan, guna meningkatkan kinerja organisasi untuk mewujudkan Polri yang Presisi.

Diketahui Dirreskrimum Polda NTT Kombes Pol. Eko Widodo, S.I.K., diangkat dalam jabatan baru sebagai sebagai Agen Intelijen Kepolisian Madya TK III Baintelkam Polri berdasarkan Surat Telegram Kapolri nomor:ST/747/IV/Kep/2022 tanggal 13 April 2022. Yang menggantikannya AKBP Patar M.H. Silalahi, S.I.K. yang sebelumnya menjabat sebagai Wadirreskrimum Polda Sumut.

Sementara itu, Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H. dipercayakan menjabat sebagai Kapolresta Kupang Kota mengantikan AKBP Satrya Perdana Panuntung Tarung Binti, S.I.K., Selanjutnya AKBP Satrya dipercayakan menjabat sebagai Wadirpamobvit Polda NTT.

Jabatan Kabidhumas diisi oleh AKBP Ariasandy, S.I.K. yang sebelumnya menjabat sebagai Wadirlantas Polda NTT. Mutasi ini tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor:ST/748/IV/2022 tanggal 13 April 2022.

Dalam sambutannya, Kapolda NTT mengatakan Mutasi dan serah terima jabatan merupakan suatu proses yang biasa dalam dinamika organisasi yang bertujuan dalam rangka pembinaan sumber daya manusia, regenerasi berdasarkan penilaian, evaluasi dan assessment secara sistemik dan komprehensif, dengan mempertimbangkan aspek profesionalitas, komitmen dan integritas.

"Mutasi merupakan bentuk kepercayaan pimpinan di lingkungan institusi Polri secara khusus ada PjU dan Kapolres di lingkungan Polda NTT Diantaranya Dirreskrimum Polda NTT, Kabidhumas Polda NTT dan Kapolres Kupang Kota", ucap Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H.

Dikatakannya, bahwa Para Pejabat dan Kapolres Harus dapat memberi warna baru dalam pelaksanaan tugas berupa akselerasi dengan menggunakan terobosan kreatif / inovatif dalam mengelola harkamtibmas.

Kapolres harus mengetahui dan memahami semua permasalahan internal yang terjadi di Kesatuan, serta memahami berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat. Serta memiliki tugas memimpin, membina, mengawasi dan mengendalikan Satuan-Satuan Fungsi/Unit di lingkungan Polres dan unsur pelaksana kewilayahan dalam jajarannya yang didukung sumber daya organisasi yang ada.

"Khusus Kapolresta Kupang yang mana Kota Kupang merupakan etalase karena juga sebagai Ibu Kota Dari Provinsi NTT. Untuk itu peningkatan tipe kesatuan harus juga di barengi dengan kinerja kesatuan. Kedepankan kegiatan pencegahan, preemtif dan preventif dengan memaksimalkan peran bhabinkamtibmas dalam mengantisipasi dan menanggulangi seluruh potensi gangguan kamtibmas serta kuasai kondisi daerah, kearifan lokal, budaya, sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik Kepada Masyarakat dan terus tingkatkan kerja sama dan koordinasi dengan semua pihak", terangnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, orang nomor satu di Polda NTT juga menyampaikan ucapan terima kasih, apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pejabat lama atas pelaksanaan tugas, dedikasi dan loyalitas.

Kepada Pejabat Baru, Kapolda berpesan segera kuasai tugas pokok dan fungsinya dan terus tingkatkan Kinerja Polri.

"Kepada isteri pejabat lama, saya ucapkan terima kasih atas dukungannya dalam mendampingi suami selama Melaksanakan tugas serta pengabdiannya dalam ikut mengelola organisasi Bhayangkari. Dan kepada istri pejabat baru, semoga dapat mendampingi dan mendukung suami dalam melaksanakan tugas dengan baik, serta diharapkan dapat membantu mengelola organisasi Bhayangkari secara berkesinambungan", pesannya.

Untuk diketahui bahwa peningkatan Tipe Polres Kupang Kota yang merupakan kebutuhan organisasi berdasarkan surat Menteri Pan RB Nomor B/42/M.Kt.01/2022 Tanggal 11 Januari 2022 Perihal Persetujuan Pembentukan 8 Polres san Pengukuhan Tipe 5 Polres Seluruh Polda. Berkaitan Dengan Itu Kapolri Telah Menerbitkan Keputusan Kapolri Nomor Kep / 116 / I / 2022 Tanggal 24 Januari 2022 tentang peningkatan tipe Kapolres Kupang Kota menjadi Kapolresta Kupang sementara terkait pemenuhan personel dan sarana prasarana dilakukan secara bertahap menurut skala prioritas.

"Untuk Itu Kepada Kapolresta Kupang agar perkuat jalinan soliditas dan sinergitas polisional, khususnya dengan pemerintah daerah, satuan TNI dan Elemen Masyarakat, baik pada tataran strategis, tataran taktis maupun tataran operasional, lakukan pendekatan yang humanis dalam meraih simpati masyarakat dengan memperhatikan kearifan lokal masyarakat dan tingkatkan kehadiran polri ditengah masyarakat, kehadiran yang bukan hanya sekedar keberadaan fisik semata, tetapi dapat memberikan manfaat dan dirasakan oleh Masyarakat", harapnya.

"Oleh karena itu, dengan mengucapkan memohon pertolongan kepada Tuhan Yang Mahakuasa mengharapkan rido dan berkah dari Tuhan Yang Mahakuasa pada hari ini Kamis tanggal ,28 April 2022 pukul 09.15 Wita. Peningkatan tipe Polres Kupang Kota menjadi Polres Kota Kupang secara resmi saya kukuhkan operasionalnya. Demikian semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan", tandasnya.

Acara diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dari Kapolda NTT yang didampingi Ketua Bhayangkari Daerah NTT bersama para pejabat utama Polda NTT serta foto bersama.