Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., Hadiri HUT Policia National De Timor-Leste ke-23

Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., Hadiri HUT Policia National De Timor-Leste ke-23

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., menghadiri HUT PNTL (Policia Nacional De Timor-Leste) ke -23 di Mako Brimob Kepolisan Nasional Timor Leste, Senin (27/3/2023).

Ikut mendampingi Kapolda NTT dalam acara ini, Kapolres Belu, Kapolres Kupang, Kapolres TTU, Kapolres Malaka, Kapolres Alor dan staf Spripim Kapolda.

Tampak hadir juga Duta Besar Republik Indonesia Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Republik Demokratik Timor Leste, Yang Mulia Okto Dorinus Manik beserta rombongan yaitu Atase Polri KBRI Dili, Kombes Pol Don Gaspar Mikel da Costa, dan ratusan tamu undangan lainnya baik para Menteri, Duta Besar, Atase Kepolisian maupun Atase Pertahanan serta para Pimpinan BUMN RI di Timor Leste (Pertamina, BRI, Bank Mandiri).

Tiba di Mako Brimob Kepolisan Nasional Timor Leste, Kapolda NTT disambut hangat oleh Ka PNTL Brigjen Pol.Faustino Da Costa dan Pejabat Utama PNTL yang ditandai dengan pengalungan Kain Adat.

Hadir juga Waka PNTL Komisaris Polisi Mateus Fernandes, para Pejabat Utama PNTL dan Para Kapolres Jajaran Timor Leste.

Kehadiran orang nomor satu di Polda NTT dimaksudkan guna mempererat tali persaudaraan antara negara Indonesia dan Timor Leste khususnya di daerah perbatasan Belu (yang merupakan Pos Lintas Batas RI-RDTL).

Dalam kesempatan itu juga , Kapolda NTT menyaksikan acara pelantikan Kepala Kepolisian Nasional Timor Leste (Ka PNTL) Irjen Pol Henrique da Costa, M.Si., yang menggantikan Brigjen Pol. Faustino da Costa dan Waka PNTL, Brigjen Pol Pedro Belo menggantikan Brigjen Pol Mateus Fernandes oleh Presiden RDTL, Yang Mulia DR. Jose Manuel Ramos Horta. 

Untuk diketahui bahwa, PNTL (Polícia Nacional de Timor-Leste) adalah Kepolisian Nasional di Timor-Leste yang bertanggunjawab atas keamanan dalam negeri dan di bawah Kementerian Dalam Negeri (Ministério do Interior). Pada pemerintahan sebelumnya PNTL di bawah Kementerian Pertahanan dan Keamanan (Ministério da Defesa e Segurança) khususnya Sekretariat Negara urusan Keamanan (Secretaria de Estado da Segurança).

PNTL didirikan pada tanggal 27 Maret 2000 ketika Timor-Timor masih berada di bawah administrasi PBB (UNTAET) dengan Komisarisnya adalah Superintendent (Superintendente). Kini PNTL dipimpin oleh seorang Komandan Jenderal dengan pangkat Komisaris (Comissário).