Kapolda NTT Hadiri Rakorsus Bersama Menko Polhukam RI Bahas Penanggulangan Karhutla

Kapolda NTT Hadiri Rakorsus Bersama Menko Polhukam RI Bahas Penanggulangan Karhutla

Tribratanewantt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H., ikut Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) tingkat Menteri terkait Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Selain Kapolda NTT, hadir juga dalam rapat ini, Danrem 161/WS Kupang Brigjen TNI Iman Budima, S.E., dan Kepala Dinas Lingkungan hidup dan Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Ondy Siagian.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) RI Moh. Mahfud MD dan diikuti Menteri Pertanian RI, Menteri LHK RI, Kepala BPKP RI serta stakeholder terkait lainnya itu digelar di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Kamis (28/7/2022).

Kapolda NTT menyampaikan bahwa, dalam Rakorsus  membahas tentang antisipasi kondisi perubahan iklim dan cuaca musim kemarau yang puncaknya pada bulan Agustus mendatang.

"Semua stakeholder harus siap untuk menangani sejak awal yang artinya sejak api masih kecil)", ujar Irjen. Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H.

Dijelaskan bahwa, dalam rakorsus ini dibahas terkait terobosan pengelolaan TMC (Tekhnologi Modifikasi Cuaca) sebagai salah satu cara untuk penaggulangan Karhutla, tetapi tindakan pencegahan lebih baik dari pada melakukan pemadaman api.

Selain itu, Menko Polhukam RI juga mengajak para Menteri, Pimpinan Lembaga, TNI, POLRI dan para Kepala Daerah beserta seluruh jajarannya untuk menunjukan komitmen yang tinggi dan memenuhi kewajibannya sesuai tugas fungsinya dalam upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan secara nyata.