Kanit Binpolmas dan Bhabinkamtibmas Kel. Waso Polres Manggarai beri pelatihan pembuatan pupuk organik bokashi kepada petani

Kanit Binpolmas dan Bhabinkamtibmas Kel. Waso Polres Manggarai beri pelatihan pembuatan pupuk organik bokashi kepada petani

Tribratanewsntt.com,- Kanit Binpolmas Satuan Binmas Polres Manggarai, Aipda Kornelis Akordus bersama Bhabinkamtibmas Kelurahan Waso, Brigpol Theodorus Angkat melaksanakan Sambang ke kelompok tani Gandum di Kelurahan Waso Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, Kamis (12/4/2018).

Kedatangan mereka diterima langsung oleh Ketua Kelompok Tani Gandum, Alex Jeheno serta warga yang tergabung dalam kelompok Tani Gandum.

Dalam kesempatan itu, Bahabinkamtibmas Kelurahan Langke Rembong, Brigpol Theodorus Angkat menjelaskan cara pembuatan pupuk organik Bokashi yakni, bahan-bahannya serta proses pembuatannya.

Adapun bahan-bahannya terdiri dari, daun daunan, tanah hitam dan dedak kasar yang sudah dibakar, sedangkan proses pembuatanya yaitu, daun daunan yang sudah dipisahkan dari dahanya dicampur dengan dedak kemudian diaduk sampai rata setelah itu diperam selama 3 minggu dengan ditutup dengan terpal hingga proses pembusukanya berhasil, setelah itu siapa dipakai.

Brigpol Theodorus Angkat juga menjelaskan proses pembuatan pupuk ini berawal dari ketidak yakinan warga tani dengan pupuk yang disediakan dari pemerintah, kulitas dan hasil tanamanya tidak bagus dan tidak memuaskan para petani.

Dalam kegiatan itu juga Kanit Binpolmas dan Bhabinkamtibmas memberikan kesempatan kepada warga untuk mempraktekan pembuatan pupuk Bokasi yang mana ini merupakan inovasi baru dan diharapkan dapat membantu para petani.