Inilah Daftar Pejabat Utama dan Kapolres yang Baru Dilantik Kapolda NTT

Inilah Daftar Pejabat Utama dan Kapolres yang Baru Dilantik Kapolda NTT

Tribratanewsntt.com,- Jumat, 12 Juli 2024, aula Rupatama lantai III Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi saksi pelantikan yang mengesankan. Kapolda NTT, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A., dengan penuh semangat melantik sejumlah pejabat utama dan Kapolres di wilayahnya.

Seremoni yang diawali dengan penanggalan dan penyematan tanda pangkat jabatan, serta penandatanganan berita acara, menandai awal dari babak baru di Polda NTT. 

Kabid Propam Polda NTT, Kombes Pol Robert Anthoni Sormin, yang sebelumnya menjabat sebagai Auditor Madya Tk III Itwasda Polda NTT, adalah salah satu dari mereka yang dilantik. Jabatan ini lowong sejak bulan Mei 2024 lalu setelah pejabat sebelumnya Kombes Pol Dominicus Savio Yempormase memasuki masa purna tugas sejak awal Mei 2024.

Pergantian kepemimpinan juga terjadi di Direktur Reserse Narkoba Polda NTT, di mana Kombes Pol Dony Eka Putra menggantikan posisi yang sebelumnya dipegang oleh Kombes Pol Sigid Haryadi, yang kini menjabat sebagai Kabag Humas Ditbintarlat Akpol Lemdik Polri.

Tak hanya itu, posisi strategis seperti Kabid Dokkes Polda NTT juga mengalami perubahan dengan dilantiknya AKBP dr. Herry Purwanto, yang menggantikan Kombes Pol dr. Sudaryono yang telah dipindahkan ke Polda Lampung.

Tujuh Kapolres di Polda NTT yang juga diserahterimakan masing-masing-masing Kapolres Belu, Timor Tengah Selatan (TTS), Ngada, Sumba Timur, Sumba Barat dan Manggarai Barat serta Lembata.

AKBP Benny Miniani Arief yang saat ini menjabat sebagai Kapolres Sumba Barat dilantik menjadi Kapolres Belu mengganti AKBP Richo N Simanjuntak dimutasi sebagai Kasubbag Ren Bag Renmin Korbinmas Baharkam Polri.

Posisi Kapolres Sumba Barat dipercayakan kepada AKBP Hendra Dorizen, Kasubdit Fasharkam Direktorat Polair Polda NTT yang saat ini dipercayakan sebagai pejabat Kapolres Lembata.

Sementara AKBP I Gede Eka Putra Astawa, Kasubbid Paminal Bid Propam Polda NTT menjadi Kapolres Lembata.

AKBP Ari Satmoko yang saat ini merupakan Kapolres Manggarai Barat dilantik menjadi Kapolres Timor Tengah Selatan (TTS) menggantikan AKBP I Gusti Putu Suka Arsa yang dimutasi sebagai Wadir Resnarkoba Polda NTT.

AKBP Christian Kadang, Danyon A Men III Paspelopor Korbrimob dilantik menjadi Kapolres Manggarai Barat.

AKBP Fajar Widya Dharma Lukman, Kapolres Sumba Timur dilantik menjadi Kapolres Ngada menggantikan AKBP Padmo Arianto yang dimutasi sebagai Wadanmen III Paspelopor Korbrimob Polri.

Posisi yang ditinggalkan diisi oleh AKBP Fajar Widya Dharma Lukman sebagai Kapolres Sumba Timur dipercayakan kepada AKBP Edward Jacky Tofany Umbu Kaledi, sebelumnya merupakan Kapolres Bantaeng, Polda Sulawesi Selatan.

Serangkaian perubahan ini memberikan wajah baru dalam kepolisian NTT, dengan tujuan meningkatkan efektivitas penegakan hukum dan pelayanan masyarakat. Ini adalah langkah strategis Kapolda Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga dalam membangun sinergi di antara jajaran kepolisian, menjaga stabilitas keamanan, serta memberikan yang terbaik bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur.