HUT Satpam ke-38, Kapolres Belu Ungkap Cara Lahirkan Satpam yang Profesional

HUT Satpam ke-38, Kapolres Belu Ungkap Cara Lahirkan Satpam yang Profesional

Tribratanewsntt.com - Upacara dalam rangka HUT Satuan Pengamanan (Satpam) ke-38 tahun 2018 di kabupaten Belu, berlangsung di Halaman Polres Belu, senin (31/12/18).

Kegiatan yang dipimpin langsung Kapolres Belu AKBP Christian Tobing, S.I.K.,M.Si, dihadiri Waka Polres KOMPOL I Ketut Perten, para Pejabat Utama Polres, Kepala BPJS Atambua serta Pimpinan Badan Usaha yang menggunakan Jasa Satpam

Kapolres Belu saat membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian Ph.D mengatakan,Satpam memiliki peran strategis, baik dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas di lingkungan kerja, maupun dalam mendukung iklim investasi yang kondusif sebagai salah satu perhatian pemerintah guna memacu pertumbuhan ekonomi.

Jaminan keamanan pada lingkungan badan usaha dan sektor industri lanjutnya, akan mampu meningkatkan kepercayaan terhadap negara yang pada akhirnya bisa berdampak positif bagi iklim berinvestasi di Indonesia.

“Sehubungan dengan hal tersebut, kehadiran Satpam sebagai mitra Polri dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, dituntut semakin profesional”kata Kapolres Belu.

Untuk mewujudkan postur Satpam yang semakin unggul dan profesional kata Kapolres, diperlukan sistem manajemen sumber daya manusia yang optimal, di antaranya proses perekrutan yang selektif, serta peningkatan kapasitas yang berkualitas, baik pada kualifikasi Gada Pratama, Gada Madya, maupun Gada Utama.

“Upaya ini membutuhkan kerja sama sinergis dan simultan dari segenap pemangku kepentingan yang berkecimpung dalam bidang industrial security,” sambug Kapolres Belu.

Diakhiir amanatnya, Kapolres Belu meminta Satpam untuk selalu membangun komunikasi positif dengan seluruh komponen masyarakat, serta tingkatkan kerja sama sinergis dengan jajaran Polri dan seluruh stakeholders lainnya dalam memelihara stabilitas keamanan di lingkungan kerja.

Upacara yang mengusung tema ”Pemuliaan Profesi Satpam Indonesia guna Mendukung Polri dalam Pengamanan Pemilu Tahun 2019”, diikuti personil Sabhara, Lantas, Reskrim, Intel, Binmas, Satres Narkoba, Bhabinkamtibmas, barisan Staf serta satu peleton Satpam.