Dukung Konferensi IAWP di Labuan Bajo, Kapolda NTT Terima Kunjungan Kadivhubinter Polri

Dukung Konferensi IAWP di Labuan Bajo, Kapolda NTT Terima Kunjungan Kadivhubinter Polri

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., didampingi Irwasda Polda NTT Kombes Pol Zulkifli, S.S.T., M.K., S.H., M.M., menerima kunjungan dari Kadivhubinter Polri Irjen Pol. Drs. Jhoni Asadoma, M. Hum., bersama Tim di Mapolda NTT, Kamis (9/9/2021) sore.

Kedatangan Kadivhubinter Polri Irjen Pol. Drs. Jhoni Asadoma, M. Hum., bersama Tim disambut hangat oleh Kapolda NTT di ruang kerja Kapolda NTT dengan mengucapkan ucapan selamat datang di Polda NTT.

Dalam pertemuan itu, Kadivhubinter Polri menyampaikan penyelenggaraan Konferensi Polwan sedunia yang sempat tertunda dan nantinya akan di rencanakan di bulan November mendatang di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, bahwa segala persiapan sudah dilakukan termasuk pengecekan lokasi tempat penyelenggaraan konferensi dan fasilitas pendukung lainnya.

Selain itu, kehadiran peserta konferensi IAWP dari 73 negara baik yang hadir langsung maupun secara virtual karena situasi pandemi masih berlangsung. "Terhadap peserta yang hadir akan di terapkan protokol kesehatan yang ketat berupa PCR dan lainnya sebagai sehingga keberlangsungan Konferensi bisa berjalan sukses dan lancar", ujar Kadivhubinter Polri.

Susunan kepanitiaan Konferensi akan diberitahukan kepada Polda NTT selaku tempat penyelenggaraan dan diharapkan bantuan dan dukungan pendukung demi kelancaran kegiatan yang dimaksud.

Sementara itu, Kapolda NTT menyambut baik rencana penyelenggaraan Konferensi IAWP di Labuan Bajo Kabupaten Mabar, yang sebelumnya telah dilakukan pengecekan kesiapan lokasi maupun tempat penyelenggaraan termasuk destinasi wisata yang ada di Labuan Bajo.

"Terhadap peserta yang berasal dari luar negeri, pemerintah Kabupaten Mabar juga sudah menyiapkan tempat isolasi terpadu hal ini dalam rangka antisipasi peserta yang terpapar Covid-19", jelas Kapolda NTT.

"Sarana/Prasarana dan fasilitas pendukung lainnya perlu di siapkan dan disiagakan lebih awal di Labuan Bajo seperti Pesawat Polri dan Kapal Polri termasuk RGB dan Surat Perintah Kepanitiaan", pintanya

Perlu adanya Gladi Acara dan Kegiatan baik yang saat acara Konferensi maupun peserta yang akan mendatangi Obyek-obyek Wisata.

Saat ini Kabupaten Mabar masuk pada PPKM Level 3 sesuai Inmendagri No 41 tahun 2021 sehingga penyelenggaraan tetap harus mempedomani Protokol Kesehatan. "Kita berharap pada bulan November mendatang angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Mabar bisa menurun dari status PPKM Level 3 bisa diturunkan ke Level 2", harapnya.

Di sela-sela pertemuan itu juga, Kapolda juga sampaikan Kamtibmas di wilayah RDTL khususnya di wilayah Atambua Kabupaten Belu yang sangat kondusif namun adanya aktivitas masyarakat Timor Leste yang masuk ke Atambua dengan Dalih ujian Kenaikan Sabuk beladiri PSHT namun semua warga negara Timor Leste tersebut sudah di deportasi kembali ke Timor Leste.

Selama Pelaksanaan Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar serta tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19.