Buka Rakernis Fungsi Binmas, Wakapolda NTT : Jadikan Kegiatan Hari Ini Sebagai Sarana Intropeksi dan Evaluasi Kinerja

Buka Rakernis Fungsi Binmas, Wakapolda NTT : Jadikan Kegiatan Hari Ini Sebagai Sarana  Intropeksi dan Evaluasi Kinerja

Tribratanewsntt.com - Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Heri Sulistianto membuka kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Binmas Polda NTT tahun 2022 di Hotel Kristal Kupang, Kamis (22/9/2022).

Hadir mendampingi Wakapolda NTT pada kegiatan ini, Dirbinmas Kombes Pol Drs. Taufiq Tri Atmojo dan Auditor media TK III Kombes Pol. Taufik Irpan Awaluddin.

Hadir juga sejumlah pejabat utama Polda NTT dan diikuti oleh para Kasat Binmas, para Kapolsek Harkamtibmas serta para Kaurmintu Binmas Polres jajaran.

Kegiatan yang ditandai dengan penyamatan tanda peserta kepada perwakilan peserta ini mengusung tema, "Dengan semangat Polri yang Presisi, kita tingkatkan kualitas kehadiran Binmas Polri guna mewujudkan sitkamtibmas yang kondusif di wilayah Nusa Tenggara Timur".

Dalam amanat Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H yang dibacakan oleh Wakapolda NTT menyampaikan harapannya bahwa dengan digelarnya kegiatan ini dapat memberikan semangat dan motivasi bagi pengemban fungsi Binmas di wilayah NTT.

"Perlu saya sampaikan disini, Polri sebagai alat negara yang bertugas dan berfungsi untuk memelihara Kamtibmas, melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta penegak hukum merupakan salah satu pilar yang diharapkan mampu melaksanakan tugasnya secara prediktif, responsibilitas, transparansi berkeadilan seperti yang dikehendaki oleh masyarakat", ujar Brigjen Pol Drs. Heri Sulistianto.

Disebutnya bahwa, pelaksanaan tugas tersebut tidak akan terlaksana dengan baik tanpa adanya semangat dan profesionalitas kinerja oleh para personel, sehingga sangat mempengaruhi terpeliharanya Kamtibmas yang kondusif di wilayah masing-masing.

"Oleh karena itu, merupakan suatu momentum yang sangat tepat pada kegiatan hari ini, dimana harapan saya kepada Kasat Binmas dan jajarannya dapat cepat menyesuaikan dengan perkembangan yang ada. Tingkatkan deteksi dini dalam menampung berbagai informasi dan permasalahan sosial masyarakat serta lakukan pemetaan terhadap berbagai kerawanan kamtibmas", jelasnya.

Ia juga berharap agar menjadikan kegiatan ini sebagai saranan intropeksi dan evaluasi kinerja fungsi Binmas Polda NTT dan jajaran.

"Sehingga dapat terwujud kesamaan persepsi antara pengemban fungsi Binmas, yang tentunya dapat meningkatkan kemitraan dan mengembangkan peran serta masyarakat dalam pemeliharaan Kamtibmas yang kondusif", harapnya.

Pada kesempatan ini Wakapolda NTT menyamapikan penekanan Kapolda NTT kepada para pengemban fungsi Binmas agar terus membina hubungan silaturahmi baik secara internal maupun dengan instansi terkait dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Selain itu, waspadai isu-isu yang akan memecah belah persatuan dan kesatuan di masyarakat dengan segera lakukan cek dan ricek terhadap isu-isu tersebut. Kemudian kendalikan tugas personel Bhabinkamtibmas di wilayah dalam melaksanakan tugas pokok dan perannya, sehingga terlaksananya prioritas program-program Polri guna menjaga kestabilan dan keamanan Nasional dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi Nasional dan reformasi struktural menuju Indonesia maju.

"Terus lakukan terobosan kreatif, tetap berinovasi dengan hal-hal yang baru, berdayakan potensi yang ada di wilayah masing-masing, sebab potensi yang ada para Kasat Binmas dan Kapolseklah yang tau persis, oleh karena itu saya harap bisa betul memanfaatkan dan mampu melihat dengan jeli peluang yang ada sehingga dapat dikembangkan guna menjaga kamtibmas", pinta Wakapolda NTT.

"Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh hadirin karena dengan penuh semangat dapat melaksanakan tugas-tugas yg menjadi tanggungjawab kita bersama", tandas Wakapolda NTT.