Buka Rapat Kerja Tahun 2021, Kapolda NTT Ingatkan Jajaran Agar Jangan Underestimate dan Overconvident Dalam Mengamankan Perayaan Natal Dan Tahun Baru

Buka Rapat Kerja Tahun 2021, Kapolda NTT Ingatkan Jajaran Agar Jangan Underestimate dan Overconvident Dalam Mengamankan Perayaan Natal Dan Tahun Baru

Tribratanewsntt.com - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timut (PoldanNTT) menggelar Rapat kerja tahun 2021, Senin (13/12/2021). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum didampingi oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si dan Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Zulkifli, S.S.T.M.K., S.H., M.M.

Rapat kerja yang dihadiri oleh para pejabat utama Polda NTT, para Kapolres, Kabagops dan Kasat Intelkam Polres jajaran Polda NTT ini digelar di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mapolda NTT. Kegiatan ini pun dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Rapat Kerja Polda NTT ini dilaksanakan dalam rangka menyamakan pola pikir, pola sikap dan pola tindak para Kasatwil dalam mewujudkan sinergi dengan para pemangku kepentingan lainnya terkait pemantapan penanggulangan pandemi covid-19, menekan penyebaran dan mengantisipasi timbulnya cluster baru penyebaran covid-19, menghadapi perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 serta terwujudnya herd immunity guna menuju endemi dan pemulihan ekonomi nasional. Dan bertujuan untuk menjabarkan kebijakan pemerintah dari aspek tugas Polri, dan melakukan anev atas pelaksanaan tugas-tugas yang telah dilaksanakan Polda NTT dan Jajarannya selama tahun 2021 maupun kesiapan pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 serta langkah-langkah strategis, taktik, dan teknis Kepolisian ke depan agar keamanan dalam negeri dapat terjaga dengan baik.

Tema dari kegiatan ini yaitu, "Kesiapan Polda NTT yang Presisi guna memantapkan penanggulangan Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional serta terciptanya Kamtibmas yang kondusif dalam rangka mendukung Indonesia Tumbuh".

Mengawali sambutannya, Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hm mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada para Pejabat Utama dan para Kasatwil dan Kasatfung yang telah bekerja dengan baik dalam penanganan covid-19 maupun isu-isu yang berkembang di wilayah masing-masing sehingga  situasi Kamtibmas di NTT kondusif serta penyebaran covid-19 dapat terkendalikan.

“Saya sering sampaikan bahwa, keberhasilan Polda ini bukan keberhasilan Kapolda dan keberhasilan beberapa pejabat utama, tetapi keberhasilan dari kerja sama kita dalam pelaksanaan tugas melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat”, ujar Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Dikatakannya, di era dimana perubahan sangat begitu cepat saat ini, intensitas dan kompleksitas, tentunya tema dari kegiatan ini sangat relevan dan dapat menjadi stepping stone untuk menyamakan persepsi dan Refreshing Mindset dalam pelaksanaan tugas menjaga stabilitas kamtibmas mengingat tantangan tugas yang dihadapi kedepan akan semakin berat menyesuaikan dengan perkembangan isu strategis baik global, regional maupun nasional.

Lanjut, Kapolda NTT menyatakan  rapat kerja ini merupakan tindak lanjut dari hasil kegiatan Apel Kasatwil tanggal 2 sampai dengan 4 Desember 2021 lalu di Bali, yang tentunya secara strategis sangat bermanfaat sebagai sarana evaluasi pimpinan kepada satuan kerja dibawahnya sesuai dengan yang diamanahkan oleh undang-undang.

“Kegiatan hari ini momentumnya adalah bagaimana kita menyiapkan apa-apa saja di tahun 2022 dan mengevaluasi apa saja yang tidak bisa kita lakukan di tahun 2021”, 

“Saya mengapresiasi kegiatan-kegiatan kesatuan terutama para Kapolres dan juga mengingatkan apa yang disampaikan oleh bapak Presiden, itulah konsen dan fokus kerja kita, yaitu, pertama amankan, menjaga dan mempercepat investasi di wilayah masing-masing dan yang kedua adalah bagaimana kita menangani covid-19”, jelasnya.

Kapolda NTT pun berharap dua hal tersebut masalah pengamanan percepatan investasi dan bagaiman penanganan Covid-19.

Lanjut dikataknya, bahwa di tahun 2021 ini, banyak prestasi-prestasi yang telah diraih dan dicapai, diantaranya pengamanan Pilkada dan penanganan bencana badai seroja.

“Kita berharap diakhir tahun ini, terkait bencana, kita harus tetap siaga. Jadikan pengalaman-pengalaman untuk mengantisipasi khususnya ikuti perkembangan cuaca melalui BMKG”, harap Kapolda NTT.

Pada kesempatan ini, Kapolda NTT juga berharap agar dalam kegiatan raker yang juga diisi dengan pemateri dari Ketua Pengadilan Tinggi dan Kajati agar diikuti dengan baik dan dengan sungguh-sungguh.

Diakhir sambutannya, Kapolda NTT menyampaikan bahwa, di wilayah Nusa Tenggara Timur, beberapa agenda kalender kamtibmas yang saat ini memerlukan perhatian khusus dan kesiapan yang matang adalah pengamanan perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, ditambah lagi pendemi Covid-19 yang belum usai, merupakan tantangan ekstra sehingga harus bekerja lebih keras, baik pengawalan terhadap program strategis nasional seperti pembangunan infrastruktur, pemulihan ekonomi dan penegakan hukum yang harus juga memperhatikan isu hak azasi manusia.

"Saya mengingatkan karena kita akan masuk dipersiapan operasi Lilin dalam rangka pengamanan Nataru, sehingga diharapkan agar siapkan semua personel dengan baik, perlengkapan yang baik, walaupun ini tugas rutin tetapi saya minta jangan underestimate  dan jangan overconvident. Ciptakan situasi kondusif di masing-masing wilayah serta sekembali dri kegiatan ini agar para Kapolres segera berkoordinasi dengan Forkopimda dan para Tokoh Agama”, pungkasnya.