Bhabinkamtibmas Polsek Kobalima Lakukan Pengawasan Penyaluran Rastra Tahap I

Bhabinkamtibmas Polsek Kobalima Lakukan Pengawasan Penyaluran Rastra Tahap I

Tribratanewsntt.com - Bhabinkamtibmas Polsek Kobalima, Polres Belu Bripka Jose Do Carmo, melakukan pengawasan penyaluran bantuan sosial (bansos) Beras Sejahtera (Rastra) tahap I di Desa Sisi, kecamatan Kobalima, kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (18/3/2019) kemarin.

Kegiatan ini diawali dengan penyerahan satu karung beras secara simbolis oleh Kepala Desa Sisi kepada salah satu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan kemudian dilanjutkan dengan pembagian rastra kepada kepala keluarga/KPM sesuai dengan daftar nama yang telah tersedia.

Bhabinkamtibmas Polsek Kobalima Bripka Jose Do Carmo saat dikonfirmasi oleh Humas Polda NTT, Selasa (19/3/2019) sore menjelaskan, rastra ini disalurkan kepada 101 Kepala Keluarga (KK) dengan setiap KK menerima sebanyak 10 kg perbulan.

”Tahap I ada dua bulan yakni Januari sampai Februari, jadi untuk dua bulan setiap KK membawa pulang rastra 20 kg”, kata Bripka Jose Do Carmo.

Dalam rangka mengawasi aliran Bansos dari pusat ke daerah agar tepat sasaran, Polri membentuk Satgas Bansos yang tugasnya memantau, mengawasi dan menegakkan hukum bila ada indikasi adanya penyimpangan.

"Pengawasan tidak hanya Rastra tapi berlaku kepada seluruh bansos kepada yang mempunyai hak, mulai dari program keluarga harapan (PKH), hingga Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)", pungkasnya. (G)