Bhabinkamtibmas Bersinergi dengan Bhabinsa Desa Golo Sepang Bantu Evakuasi Warga Terdampak Banjir

Bhabinkamtibmas Bersinergi dengan Bhabinsa Desa Golo Sepang Bantu Evakuasi Warga Terdampak Banjir

Tribratanewsntt.com,- Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Golo Sepang, Bripka Samsi dan Sertu Umran turun langsung ke Desa/Wilayah Binaan di Dusun Terang 01 dan Dusun Terang 02, Desa Golo Sepang, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat untuk melakukan pemantauan dan rela basah kuyup menerjang banjir demi membantu evakuasi warga binaannya, pada Jumat (10/02/2023) Pagi sekira Pukul 08.50 Wita.

Tampak terlihat Bripka Samsi dan Sertu Umran bersama–sama dengan Warga turun ke lokasi titik yang terkena banjir dengan ketinggian banjir rata–rata mencapai 80 Sentimeter atau setinggi kaki orang dewasa untuk ikut membantu warga dalam melakukan evakuasi serta barang miliknya ketempat yang lebih aman atau bebas banjir.

Bhabinkamtibmas Desa Golo Sepang, Bripka Samsi saat ditemui mengatakan bahwa Desa Binaannya yang mengalami banjir, makanya sebagai seorang Bhabinkamtibmas langsung turun memantau dan ikut serta membantu warga utamanya anak–anak serta mengevakuasi barang miliknya.

"Setelah diguyur hujan yang cukup tinggi maka air sungai yang ada di Desa tersebut meluap yang mengakibatkan banjir yang dimana untuk Desa Golo Sepang ini memang sudah menjadi langganan banjir karena walaupun hujan sebentar sudah pasti banjir dikarenakan situasi wilayah yang asalnya dari sawah ditambah lagi saluran air parit yang tidak lancar," ungkapnya.

Dikatakannya, aparat desa bersama pemerintah kecamatan dan TNI-Polri sudah berusaha membersihkan parit disekitaran dusun dan pembuangan air menuju Sungai Terang namun belum maksimal dikarenakan curah hujan yang sangat tinggi membuat intensitas air semakin bertambah.

"Untuk itu kami juga mengingatkan kepada warga agar terus waspada mengingat curah hujan masih tinggi yang dikhawatirkan akan terjadi banjir susulan," imbuh Bripka Samsi.

Sementara itu Kapolsek Komodo, Iptu Matheos A. D. Siok mengatakan bahwa pihak TNI-Polri khususnya Bhabinkamtibmas dan Babinsa langsung terjun ke lokasi di wilayah binaannya yang terkena banjir ketika mendapat informasi tentang hal tersebut.

"Kehadiran TNI-Polri dalam hal ini Bhabinkamtibmas dan Babinsa di lokasi banjir tersebut bertujuan memantau keadaan Desa tersebut dan ikut membantu warga dalam mengevakuasi barang miliknya serta memberikan imbauan kepada masyarakat agar selalu waspada mengingat curah hujan semakin tinggi yang dikhawatirkan akan terjadi banjir susulan," tambahnya.

"Untuk informasi sekitar Pukul 10.20 Wita, banjir yang merendam Dusun Terang 01 dan Dusun Terang 02, Desa Golo Sepang mulai surut," tutup Iptu Matheos.