BEM Unika St. Paulus Ruteng Ikuti Cari Berkah Jumat

BEM Unika St. Paulus Ruteng Ikuti Cari Berkah Jumat

Tribratanewsntt.com - Jumat tanggal 24 Maret 2023 pukul 09.30 wita, bertempat di ruang tunggu Polres Manggarai telah berlangsung kegiatan CARI BERKAH JUMAT (cerita ringan dan saring bersama Kapolres Manggarai hari Jumat ).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolres Manggarai AKBP YOCE MARTEN, S.H., S.I.K, M.I.K diikuti oleh Wakapolres Manggarai KOMPOL SAHIDIN SUNA, Kabag Ops AKP BURHANUDIN,  Kasat Lantas AKP MADE HENDRA KUSUMANATA, S.I.K , KBO Lantas IPTU FERDY BATUK, Kasikum IPTU HERI EDOT, Kasat Intelkam IPTU M. ALE DJENDO, Kasat Binmas IPTU RAMBU ELO, S.H,M.H, Kasipropam IPDA JONATHAN T. LEMBANG, KBO Binmas IPDA SELTUS TAMAT, Kanit Tipiter IPDA TIMOTHY TORRO I. P BOSEKE, S.Tr. K, serta ketua BEM UNIKA (universitas Katolik) St. Paulus Ruteng CLARA ASTUTI JAYA bersama mahasiswa UNIKA St. Paulus Ruteng. 

Pada kesempatan tersebut Kapolres Manggarai, memberikan penyampaian yakni sebagai berikut :

1. Kegiatan cari berkah jumat ini merupakan kegiatan sebagai sarana komunikasi agar lebih dekat kepada masyarakat dan akan dilaksanakan secara rutin setiap hari Jumat dari pukul 08.00 wita sampai dengan 10.00 wita. 

2.  Kegiatan ini diadakan bertujuan untuk jika ada masyarakat yang ingin sharing, melapor ataupun mengadu terkait dengan situasi di masyarakat ataupun kinerja Polri. 

Setelah itu para peserta Jumat curhat menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

1. Saat ini pada jam-jam sekolah terjadi kesemrawutan area parkir tepatnya di depan Kampus Unika st. Paulus Ruteng sampai didepan  SMPN 1 Ruteng yang mana banyak kendaraan menggunakan badan jalan sebagai tempat parkir sehingga hal tersebut dapat mengganggu arus lalulintas. 

2. Masih maraknya pengendara motor yang menggunakan knalpot racing terutama pada malam hari yang sangat mengganggu kenyamanan warga masyarakat  serta pengendara motor dibawah umur saat ini banyak ditemukan di jalan raya maka kami meminta hal tersebut bisa di tindak tegas. 

3. Banyaknya pangkalan travel liar di dalam kota yang membuat arus lalulintas terganggu. 

4. Masih banyak akun palsu di media sosial terutama di Facebook yang sering membuat fitnah dan menyerang secara pribadi
maka dari itu kami harapkan ada upaya Kepolisian untuk menindak tegas pemilik akun-akun palsu. 

Menanggapi penyampaian dari para mahasiswa tersebut Kasat lantas memberikan tanggapan sebagai berikut :

1. Mengenai kesemrawutan parkir didepan kampus Unika Ruteng pada dasarnya untuk permasalahan dibidang lalulintas perlu adanya kepedulian, dan saat ini kita telah melakukan himbauan dan sanksi tegas, maka dari itu perlunya kesadaran dan kerjasama dari berbagai pihak untuk parkir agar sesuai pada tempat yang telah disediakan.

2. Terkait dengan penggunaan knalpot racing, kita telah menindaklanjuti hal tersebut dan sudah menjadi prioritas Satuan Lalulintas dengan melakukan penindakan yakni jika ditemukan maka mewajibkan pengendara motor yang menggunakan knalpot racing tersebut untuk mengganti dengan knalpot aslinya sesuai dengan produksi pabrik, mengenai anak dibawah umur kita menerapkan asas manfaat yang mana kita memberikan toleransi selama kendaraan digunakan ke sekolah tetapi saat diluar kegiatan sekolah akan kita tindak tegas. 

3. Mengenai banyaknya pangkalan travel liar yang mengganggu arus lalulintas kita sudah melakukan koordinasi dengan dinas perhubungan, karena keterbatasan lahan parkir dan tidak adanya area terminal maka  saat ini diterapkan satu jalur untuk mengantisipasi hal tersebut. 

Pada kesempatan tersebut Kanit Tipiter memberikan penyampaian sebagai berikut :

1. Mengenai akun palsu sudah ada laporan yang kita terima dan telah  dilakukan penyelidikan lebih lanjut secara undang-undang ITE dengan penyelesaian diutamakan dengan restorativ justice. 

2. Kita juga mengharapkan bantuan masyarakat jika ada kejadian mengenai akun palsu bisa mengedukasi kepada keluarga dan teman - teman bahwa kasus akun palsu bisa dipidana dan melaporkan hak tersebut untuk di bisa di take down.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Manggarai memberikan tanggapan sebagai berikut :

1. Untuk masalah lalulintas membutuhkan kesadaran pengguna jalan dan sebagai petugas Kepolisian kita hanya memberikan himbauan dan penindakan. 

2. Saat ini penindakan tilang dilakukan secara elektronik (ETLE), dan jika ada pelanggaran yang membahayakan orang lain akan ditindak tegas, contohnya penggunaan kendaraan bermotor oleh anak dibawah umur diluar jam sekolah , pengendara kendaraan bermotor yang mabuk dan kendaraan yang tidak ada lampu di malam hari. 

3. Kami harapkan jika ada informasi yang menonjol di masyarakat terkait keamanan bisa menghubungi langsung nomor telepon Kapolres atau melalui media sosial akun Polres Manggarai.