Anggota OMB Turangga Terima Penjelasan Mendalam tentang Tugas dan Fungsi dari Masing-Masing Satgas

Anggota OMB Turangga Terima Penjelasan Mendalam tentang Tugas dan Fungsi dari Masing-Masing Satgas

Tribratanewsntt.com - Dalam upaya meningkatkan kesiapan dan pemahaman anggota Operasi Mantap Brata (OMB) Turangga, kegiatan penjelasan tentang tugas dan fungsi masing-masing Satgas, beserta sarana dan prasarana pendukung, digelar di lapangan Apel Mapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak Senin, (8/1/2024).

Anggota OMB Turangga, yang terlibat aktif dalam operasi pengamanan Pemilu 2024, bergantian menjelaskan tugas dan peralatan yang dimiliki oleh setiap Satgas. Hari pertama, anggota mendapat penjelasan rinci dari Satgas Tindak, khususnya dari Subsatgas Jibom dan Subsatgas Aksi Khusus terutama terkait dengan peralatan dalam penanganan bom dan berbagai jenis persenjataan yang digunakan.

Pada hari berikutnya, Selasa (9/1), anggota diberi pemahaman mendalam tentang tugas dari Satgas Kamseltibcarlantas, termasuk sarana prasarana yang digunakan dalam mendukung operasi. Selanjutnya, pada hari ini, Rabu (10/1), Subsatgas Sterilisasi dari Satgas Preventif memperkenalkan jenis-jenis satwa K9 dan kemampuan yang dimiliki, menjadi fokus penjelasan.

Kegiatan ini dijadwalkan untuk berlanjut secara bergiliran sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh Biro Operasi Polda NTT sebagai pengendali Operasi Mantap Brata Turangga dalam rangka pengamanan Pemilu 2024.

Kompol Muljono, S.H., M.H selaku Kadatopsda OMB Turangga menegaskan bahwa, pengetahuan mendalam tentang tugas dan peralatan yang dimiliki oleh setiap Satgas sangat penting untuk menjamin keselamatan dan keberhasilan operasi. "Melalui pemahaman yang baik, diharapkan setiap anggota dapat menjalankan tugas dengan optimal, menjaga keamanan, dan mencegah potensi gangguan selama pelaksanaan Pemilu," ujarnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Anggota OMB Turangga semakin siap dan tanggap dalam menghadapi tantangan selama pelaksanaan tugas pengamanan Pemilu 2024 di wilayah Nusa Tenggara Timur.