Kapolda NTT Buka Kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Asabari bagi Anggota/ASN Polri

Kapolda NTT Buka Kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Asabari bagi Anggota/ASN Polri

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum buka kegiatan sosialisasi pemanfaatan Asabri bagi anggota/ASN Polri di lingkungan Polda NTT. Sosialisasi program Asabri ini sendiri membahas tentang PP 102 tahun 2015 yang mengalami perubahan ke PP 54 tahun 2020, Selasa (21/3/2023).

Kegiatan yang digelar di Aula Hotel Neo by Aston Kupang ini dihadiri langsung oleh Komisaris Utama PT. Asabri (Persero) Fary Djemy Francis beserta para pimpinan Bank Mitra Asabri serta Kepala PT. Asabri Cabang Kupang Petrus Sirait.

Hadir juga Irwasda Kombes Pol. Zulkifli, S. STmK, S.H., M.M beserta para pejabat utama Polda NTT dan diikuti oleh personel Polda NTT, ASN Polri, Bhayangkari serta diikuti oleh Anggota Polres jajaran via Zoom Meeting.

Kapolda NTT menyamapikan bahwa, kegiatan sosialisasi ini penting untuk memberikan pemahaman kepada anggota maupun ASN Polri tentang apa itu Asabri serta apa saja hak-hak yang diperoleh dari anggota sebaga nasabah dari Asabari.

"Hal ini sangat penting, karena ini merupakan BUMN yang mengelolah uang dari pada anggota Polri, sehingga anggota harus tahu, kemudian para pengurus harus menyampaikan kepada anggota sehingga ada transparansi di situ", ujar Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum.

Lanjutnya, sosialisasi ini juga sungguh amat penting karena mengingat sejak mulai diangkat menjadi anggota Polri maupun ASN Polri secara langsung sudah ditetapkan menjadi peserta Asabri.

Dikatakannya, sebagaimana diketahui bersama bahwa PT. Asabri merupakan BUMN yang bertujuan untuk turut melaksanakan dan menunjang kebijakan terhadap program Pemerintah dibidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya, khususnya dibidang asuransi sosial melalui  penyelenggaraan asuransi/jaminan sosial di lingkungan Kemhan, TNI dan Polri serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya perseroan untuk menghasilkan jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat guna meningkatkan nilai manfaat bagi peserta.

"Beberapa program yang dikelola oleh PT Asabri yang telah terakomodir antara lain, tabungan hari tua (THT), jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan kematian (JKm) dan pensiun, yang didalamnya termasuk pembayaran bagi pengembalian nilai tunai iuran pensiun dan PUM KPR", katanya.

"Manfaat asuransi sosial perlu ditingkatkan secara terus menerus sejalan dengan perubahan kebutuhan hidup agar taraf hidup prajurit, anggota Polri dan ASN dilingkungan Kemenhan, TNI dan Polri tetap dapat terpelihara", pungkas Kapolda NTT 

Sementara itu, Komisaris Utama Asabri menyamapikan apresiasi kepada Kapolda NTT atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini, dimana kegiatan ini juga merupakan yang pertama dilaksanakan oleh jajaran Polda di seluruh Indonesia.

"Terimakasih atas terobosan yang dilakukan oleh pak Kapolda NTT yang mengumpulkan seluruh jajaran, karena memang MOU kita dengan pak Kapolri berkaitan dengan pelayanan Asabri kepada anggota Polri di Polda-Polda harus diintensifkan. Dan ini mungkin pertama kali Polda mengumpulkan seluruh jajarannya", terang Fary Djemy Francis.

Ia samapikan bahwa penekanan dari sosialisasi yang dilakukan pada kegiatan ini adalah pelayanan digital.

Sekarang ini kita lebih fokus bagaimana memberikan pelayanan yang terbaik karena masih banyak yang belum paham tentang Asabri, misalnya kecelakaan yang dialami oleh anggota-anggota, bagaimana klaimnya dan sebagainnya, apa saja yang bisa dicover itu yang hari ini kita mau samapikan. Itu intinya", pungkas Komisaris Utama PT. Asabri (Persero).