Buka Latihan Pra Operasi, Kapolres Belu Sampaikan Teknis Pelaksanaan Ops Bina Kusuma tahun 2020

Buka Latihan Pra Operasi, Kapolres Belu Sampaikan Teknis Pelaksanaan Ops Bina Kusuma tahun 2020

Kepolisian Resor Belu dan jajarannya, selama dua pekan kedepan akan menyelenggarakan operasi “Bina Waspada Turangga 2020”.

Berkaitan dengan kesiapan, persamaan persepsi serta cara bertindak dalam operasi kewilayahan ini, Kepolisian Resor Belu, menggelar latihan pra operasi Bina Waspada di aula Wira Satya lantai 2, senin (2/11/2020).

Saat membuka kegiatan tersebut, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si menjelaskan, operasi (bina waspada) ini mengedepankan kegiatan preemtif (himbauan) dan preventif (pencegahan), dalam rangka mencegah berkembangnya paham radikalisme dan anti pancasila.

“Saya minta, masing-masing Satgas pahami betul sasaran dan cara bertindak dilapangan. Intinya disini Kita berikan pemahaman kepada warga, tentang aliran tertentu yang berusaha melakukan perubahan yang bertentangan dengan nilai-nilai pancasila dan agama"kata Kapolres Belu.

"Kita juga lakukan deteksi dini, maping dan patroli terhadap lokasi-lokasi yang dianggap rawan munculnya paham radikal. Kemudian juga lakukan pendekatan dengan masyarakat melalui silaturahmi, tatap muka maupun bakti sosial” lanjut Kapolres Belu.

Dalam pelaksanaan nantinya, Kapolres Belu yang didampingi Wakapolres, KOMPOL Herman Bessie dan Kabag Ops, AKP I Nengah Sutawinaya, SH, mengimbau seluruh anggota yang terlibat dalam operasi, untuk senantiasa mengedepankan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

"Rekan-rekan jangan lupa pakai masker dan jaga jarak dengan masyarakat. Selain memberikan edukasi, Kita juga harus menjadi contoh untuk masyarakat dalam upaya mencegah penularan covid-19"kata Kapolres Belu.

"Terus Kita wajib sampaikan ke masyarakat kalau penyebaran covid-19 ini belum selesai. Sampaikan ke mereka untuk jaga kesehatan, pakai masker dan jaga jarak saat beraktivitas di luar rumah"Tambah Kapolres Belu.

Lat Pra ops ini, juga berisi paparan dari Kabag Ops, AKP I Nengah Sutawinaya, SH, Kasat Intelkam, AKP Petrus Wangge, Kasat Binmas, IPTU Filomena Bene Bere, SH dan Kasat Samapta, IPTU I Ketut Setiasa, SH.

Selain pejabat utama Polres Belu, lat pra ops yang digelar sekitar pukul 10.30 WITA, diikuti anggota Bhabinkamtibmas serta Brigadir yang terlibat dalam operasi Bina Waspada 2020.