Ambil Sumpah dan Janji ASN Polri Polda NTT, Kapolda NTT: Tetap Jaga Integritas, Kehormatan Diri dan Organisasi

Ambil Sumpah dan Janji ASN Polri Polda NTT, Kapolda NTT: Tetap Jaga Integritas, Kehormatan Diri dan Organisasi

Tribratanewsntt.com,- Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum mengambil sumpah dan janji ASN Polri T.A. 2021 di Mapolda NTT, Kamis (9/12/21).

Para ASN yang diambil sumpah/janji ini merupakan hasil seleksi penerimaan ASN pada tahun 2019, di mana Panda Polda NTT mendapat kuota tujuh orang CASN Polri. Tujuh orang ASN tersebut yakni dua orang  S-1 Profesi Dokter Umum, empat orang D-III Perawat, dan satu orang D-III Teknik Komputer.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. A. Kliment Dwikorjanto, M.Si dan para pejabat utama Polda NTT.

Dalam sambutannya Kapolda NTT mengatakan bahwa pengambilan sumpah/janji aparatur sipil negara ini merupakan amanah dari Undang-Undang dan wajib dilaksanakan bagi seluruh ASN sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017 pasal 39 dan 40 tentang Manajemen ASN, yang menyebutkan bahwa setiap calon apartur sipil negara (casn) pada saat diangkat menjadi ASN wajib mengucapkan sumpah/janji.

“Saya ucapkan selamat kepada para ASN Polri yang baru saja di ambil sumpah/janjinya menjadi ASN dan mengabdi di Kepolisian Daerah NTT. Semoga dengan diambil sumpahnya saudara secara resmi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Polri Polda NTT dapat menambah kebahagiaan keluarga dan menjadi semangat dalam melaksanakan tugas sehari-hari dimanapun saudara ditempatkan sesuai dengan kompetensi yang saudara miliki”ujar Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Dikatakannya bahwa, Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai unsur komplemen mempunyai kedudukan yang sejajar dan saling mendukung dalam pelaksanaan tugas pokok Polri sesuai yang diamanatkan dalam Undang-Undang nomor 43 tahun 1999 tentang pokok-pokok kepegawaian bahwa yang dimaksud dengan pegawai negeri adalah PNS, anggota TNI dan Polri.

“Proses penerimaan para ASN yang baik tentu akan menghasilkan kualitas SDM Polri yang baik pula. Sehingga diharapkan setelah melakukan sumpah/janji ini dapat bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab. Sumpah janji ASN bukan hanya sekedar prosesi formalitas yang diucapkan, akan tetapi merupakan sebuah sumpah janji kepada Tuhan yang harus dipertanggungjawabkan”tambahnya.

Kapolda NTT juga berharap agar para ASN memiliki wawasan yang luas, mampu melakukan inovasi dan optimalisasi sumber daya organisasi yang ada. Sesuai dengan visi dan misi Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan).

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, selaku Kapolda NTT saya mengucapkan selamat bergabung bersama keluarga besar Polda NTT. Tetap jaga integritas, kehormatan diri dan organisasi. Bisa menjadi tauladan bagi masyarakat, bawahan dan sesama rekan kerja. Serta terus kembangkan potensi diri demi kemajuan organisasi Polri yang sama-sama kita cintai”pungkasnya.